Kavling Durian Bawor Puncak Pinus Transyogi Memiliki Kebun Kavling Syariah Masa Depan di Jawa

Kavling Durian Bawor Puncak Pinus Transyogi Memiliki Kebun Kavling Syariah Masa Depan di Jawa

Kavling Durian Bawor Puncak Pinus Transyogi Memiliki Kebun Kavling Syariah Masa Depan di Jawa – Sekarang semakin banyak orang yang mulai tertarik untuk membuka usaha bisnis dengan alasan yang bermacam-macam, seperti keuntungan yang besar, pekerjaan jangka panjang, investasi masa depan atau karena adanya kesempatan.

Melirik sebuah peluang usaha bisnis tentu menjadi sebuah tantangan yang membutuhkan pertimbangan matang, termasuk jika Anda ingin memulai usaha kebun durian bawor. Penjualan durian bawor dipasaran masih banyak peminatnya dan bisa diyakini akan memberikan keuntungan yang besar.

Namun ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai usaha ini. Berikut ulasannya,

4 Faktor Penentu Keberhasilan Usaha Kebun Durian Bawor

1. Pemilihan Lahan Kebun Durian Bawor

Pohon durian merupakan jenis pohon buah yang menjulang tinggi namun tidak terlalu memakan tempat. Namun, untuk tujuan bisnis tentunya dibutuhkan lahan yang luas supaya dapat menanam banyak pohon durian bawor.

Luasan tanah yang bisa dijadikan kebun berkisar 1 sampai 2 hektar dengan jarak tanam antar pohon sekitar 5 sampai 8 meter. Seperti jenis durian lainnya, durian bawor bisa tumbuh subur pada tipe tanah grumosol atau tanah andosol di lingkungan tropis bersuhu sedang.

Jenis tanah tersebut dinilai sangat subur dan kaya unsur organik penting yang dibutuhkan tanaman. Pemilihan lahan yang tidak bagus, dikhawatirkan akan membuat bibit durian bawor tidak dapat tumbuh optimal dan semakin lama panennya.

2. Pemilihan Bibit Durian Bawor

Keberhasilan kebun durian Bawor juga ditentukan dari jenis bibit yang digunakan. Sebaiknya diperhatikan secara menyeluruh pada saat memilih bibit durian bawor. Meskipun bibit yang dibeli di toko sudah bersertifikat, namun tidak bisa menjamin keberhasilan penanaman.

Bibit durian bawor yang bagus memiliki ciri-ciri, antara lain: memiliki ujung bakal yang mengkilat atau tidak pucat dan didalam bibit buah ketika dikelupas dapat dilihat lembaga buah yang masih memiliki cadangan makanan yang cukup untuk pertumbuhan awal.

Ini jika Anda ingin memulai dari bibit dalam bentuk bakal buah. Namun, Anda juga bisa membeli bibit yang sudah berbentuk tanaman setinggi 70 sampai 100 cm, bibit yang bagus ditandai dengan batang kokoh dan percabangan 2 – 4 arah, berdaun banyak serta terbebas dari hama dan penyakit.

3. Penanaman Bibit Durian Bawor

Bibit durian bawor yang siap dipindahkan ke kebun adalah yang memiliki tinggi tanaman mencapai 1 meter lebih dengan kondisi yang sehat dan dipastikan tidak terinfeksi hama penyakit, karena bibit yang berpenyakit dikhawatirkan akan menularkan ke tanaman lain di kebun yang sama.

Sebelum memindahkan bibit ke lahan kebun, sebaiknya tanah di gemburkan terlebih dahulu dengan cara dicangkul dan dipupuk. Tanah yang sudah dicangkul dan dipupuk didiamkan selama satu minggu untuk mengoptimalkan kesuburan lahan.

Bibit ditanam pada jarak 8 x 8 meter antar tanaman dan ditanam sedalam pangkal batang bibit durian. Jarak antar tanaman juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan, karena tanaman yang terlalu dekat atau rapat, bisa menyebabkan pertumbuhan tidak optimal pada durian atau penyebaran hama penyakit menjadi lebih mudah.

4. Perawatan Kebun Durian Bawor

Hal yang paling penting untuk merawat kebun durian bawor adalah perawatan. Meskipun lahan tanam dan bibitnya bagus, namun jika perawatan kebun tidak diperhatikan bisa jadi tanaman akan gagal berkembang atau bahkan mati. Perawatan pohon buah durin bawor sama mudahnya dengan durian jenis lain.

Anda hanya perlu rutin melakukan penyiraman pagi dan sore hari pada satu bulan pertama sejak pemindahan bibit durian ke kebun. Jangan lupa untuk membersihkan kebun dari gulma atau rumput-rumput liar yang berpotensi mengganggu tanaman durian.

Pohon durian bawor tidak perlu diberikan pupuk secara rutin, bisa dilakukan setahun 1 – 2 kali dengan menggunakan pupuk kandang. Keberhasilan kebun buah durian bisa dilihat 4 – 5 tahun setelah masa tanam karena pohon durian bawor memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan durian lokal.

Pada masa panen, 1 pohon durian bawor bisa menghasilkan 20 sampai 30 buah. Durian bawor masih banyak sekali peminatnya dengan harga yang masih tinggi, sekitar 40 ribu – 50 ribu per buahnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan merugi ketika membuka bisnis kebun durian bawor ini.

Jika dalam satu kebun Anda terdapat 50 lebih pohon durian bawor, keuntungan yang Anda dapatkan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Wah, investasi yang cukup menjanjikan bukan?

Durian Bawor dan Durian Montong / Monthong

Sejatinya durian montong / monthong itu kan durian kita juga. Asli produk Bogor, namun kini dikembangkan di Thailand dan dikembalikan ke sini. Nah, kami tidak mau lagi kecolongan seperti itu.

Masyarakat pecinta durian kini memiliki harapan melawan dominasi durian montong / monthong, dengan bersenjatakan durian Bawor. Tapi bagaimana durian Bawor ini dilahirkan?

Penamaan Bawor sendiri tak lepas dari ikon rakyat Banyumas. Bawor adalah sebutan bagi sosok punakawan Bagong, adik dari Petruk. Nama Petruk sendiri sudah ngetop sebagai durian lokal asal Jepara. Nama-nama itu di Jawa Tengah adalah representasi nama rakyat sebagai ‘perlawanan’ nama bangsawan.

Sejarah penemuan Durian Bawor, tak lepas dari nama Sarno Ahmad Darsono. Sarno adalah seorang guru sekolah dasar di Alas Malang, Kemranjen, Banyumas. Sejak lahir Sarno sudah dianugerahi kemampuan naluriah menilai durian.

Keistimewaan Durian Bawor

Setelah melalui proses penyempurnaan, durian bawor kini memiliki keistimewaan. Misalnya daging buah yang tebal dan berwarna oranye, tapi bijinya kecil dan tipis. Sementara rasanya legit, agak sedikit pahit. Sedangkan bobot matangnya rata-rata 6−9 kg dan bobot maksimalnya mencapai 12 kg. Selain itu, semakin tua si pohon, semakin lebat buahnya.

Dari sisi ukuran, durian bawor mampu mencapai 12 kilogram, sedangkan montong / monthong selama ini terbesar hanya 8 kilogram. Dari sisi rasa lebih legit, serat lebih halus.

Apakah Durian Bawor ini akan menjadi pesaing utama Durian montong / monthong yang konon asal bibit indukannya adalah Durian Indonesia juga yang asal Kalimantan?

Kelebihan utama durian bawor warna kuning adalah saat buah tidak terlalu matang, durian tetap berasa manis. Sedang yang berwarna orange menyala, saat tidak terlalu matang buah berasa lebih tawar tetapi saat sudah matang buahnya terasa lebih pahit legit.

Musim durian biasanya sekali dalam setahun. Berbeda dengan durian pada umumnya, pohon Durian Bawor mempunyai keistimewaan yang bernilai ekonomis tinggi, yaitu pohon berbunga dan berbuah sepanjang tahun.

Sehingga, pohon dapat dipanen tiga kali dalam setahun. Sementara, harga buahnya lebih mahal dari durian montong / monthong, yaitu Rp 50 ribu untuk setiap kilogramnya.

Dalam lahan seluas 10 meter persegi di halaman depan saja, sudah mampu menampung dua pohon.

Dengan produksi 30 buah x 2 pohon = 60 buah. Asumsi bobot minimal 6 kg per buah dan harga buah terendah Rp 50.000.

Itu baru dua batang pohon. Mari kita membayangkan andai memiliki 200 pohon durian bawor. Anggap saja yang rutin berbuah 150 pohon dengan produksi 40 buah/pohon. Jika ditotal akan menghasilkan 6000 butir durian.

Jika sebutir berbobot 10 kg, dalam setahun kita memiliki 60 ton durian.

 

Kaki Ganda Durian Bawor Siap Tandingi Popularitas montong / monthong

Dari sisi ukuran, durian bawor mampu mencapai 12 kilogram, sedangkan montong / monthong selama ini terbesar hanya 8 kilogram. Dari sisi rasa lebih legit, serat lebih halus

Sejauh ini, harga durian bawor masih berada di bawah durian montong / monthong. Itu disebabkan karena permintaan masyarakat memang belum tinggi. Kendati, permintaan ke supermarket dan gerai buah modern belum mampu dipenuhi.

Jika di supermarket harga durian montong / monthong mencapai Rp 300 ribu, durian bawor ini masih berkisar Rp 200 ribuan. Namun jangan harap bisa ditemui di supermarket, karena setiap panen, selalu sudah habis saat masih di pohon.

 

Teknologi Kaki Ganda Durian Bawor

Pakar durian alumnus taman buah Mekarsari Muhammad Reza Tirtawinata menyebutkan, untuk mempercepat produksi pihaknya mengembangkan teknologi kaki ganda. Teknologi itu sebenarnya teknologi purba yang dipakai masyarakat di Tanah Air. Batang utama kita sambung dengan 3 batang lain sebagai penyangga. Batang utama dari biji, sehingga tak mengubah rasa dan gen aslinya.

Fungsi batang tambahan itu, selain sebagai penguat sehingga bisa menahan beban tumbuhan, juga untuk menambah daya serap nutrisi. Masing-masing batang, baik yang utama maupun tambahan, akan mempunyai akar sendiri. Dengan teknologi itu, dalam 3 tahun tanaman sudah mampu berbuah. Tentu dengan syarat lingkungan yang mendukung.

 

ANDA TERTARIK MEMPUNYAI KEBUN DURIAN BAWOR?

KAMI PUNYA SOLUSINYA

Miliki tanah Kavling Produktif Kebun Durian Bawor di Wilayah Bogor timur.
Hanya Dengan 28 juta saja anda Sudah memiliki Tanah plus Pasif income hingga Puluhan juta pertahun

Memperkenalkan,

KAVLING DURIAN BAWOR PUNCAK PINUS TRANSYOGI

Kavling Durian Puncak Pinus Memiliki Investasi Kavling Syariah

Tanah kavling produktif 100 meter persegi yg akan menghasilkan uang hingga puluhan juta rupiah pertahun untuk anda.

#Spesifikasi tanah:

– luas Perkavling 100 meter
– Dimensi 10 x 10
– Lebar Jalan 4 Meter
– Status Tanah SHM
– Free biaya BPHTB, AJB, SHM
– Bonus ditanami 2 Pohon Durian Montong Bawor Besar yang Siap panen dalam 1 atau 2 tahun kedepan
– Free / bebas biaya pengelolaan kebun hingga 10x masa panen
– Lokasi di Pinggir jalan raya Transyogi JAKARTA – JONGGOL

#MURAH karena:

– Harga tanah 100 meter plus Pengurusan surat sampai SHM cuma 28 juta
– bukan cuma itu aja, tersedia dicicil juga selama 3th dengan angsuran 700 ribu perbulannya

#STRATEGIS karna:

– Posisi berada di pinggir jalan raya transyogi Jakarta – jonggol
– Lokasi bersebelahan persis dengan Area TAMAN WISATA PUNCAK PINUS
– Merupakan daerah penghubung ke Jakarta / Bekasi / Bogor / Cianjur / Bandung / Puncak
– Berada di daerah pemukiman

#AMAN Karena :

– Status lahan saat ini sudah atas nama Developer
– Perizinan Lengkap
– Dikelola oleh developer yg insyaallah Amanah, jujur dan bertanggung jawab

#MENGUNTUNGKAN karena:

– Nama nya Tanah pasti nilai nya akan selalu naik
– Setiap Kavling akan di tanami 2 Pohon durian Bawor yang besar (1,5 tahun lagi panen)
– Free biaya perawatan pohon dengan sistem bagi hasil
– Potensi Income bersih perkavling pertahun bisa mencapai 10 juta
– Jadi dengan kata lain, anda tinggal duduk manis aja di rumah anda sudah jadi juragan kebun tanpa harus mengeluarkan biaya dan tenaga sedikit pun untuk merawat nya.